INSTAL FUSE DAN NTFS-3G

coba instal fuse dan seperangkatnya eyoy..euy…[wah bingung, apa yg kurang]
tapi yang membuat asik itu karena erorrnya… jadi tambah penasaran, “kumaha atuh”πŸ™‚
yah kira-kira seperti ini comment-nya :
|root@ubuntu:/usr/share/fuse-2.6.1 # ./configure –enable-kernel-module
|checking build system type… i686-pc-linux-gnu
|checking host system type… i686-pc-linux-gnu
|checking target system type… i686-pc-linux-gnu
|checking for a BSD-compatible install… /usr/bin/install -c
|checking whether build environment is sane… yes
|checking for gawk… no
|checking for mawk… mawk
|checking whether make sets $(MAKE)… yes
|checking for style of include used by make… GNU
|checking for gcc… no
|checking for cc… no
|checking for cl.exe… no
|configure: error: no acceptable C compiler found in $PATH
|See `config.log’ for more details.
nah setelah beberapa hari kemarin ditinggalkan, yah karena bingung dan ga tahu harus lewat jalan mana [eyoy terus sih instalnya], iseng-iseng cob install lagi fuse & NTFS-3g [program untuk bisa baca tulis di NTFS dari Linux].pertama
ekstrak…file fuse [diasumsikan file fuse dan ntfs3g disimpan di direktori /home :
1.masuk dulu ke ‘root’ kalo masih di user biasa
anyar@ubuntu:~ $ su – [enter] masukan passwod [enter]
2.kemudian exstak file fusenya:
root@ubuntu:~ # tar -zxf /Home/fuse-2.6.1.tar.gz [enter]
3.masuk ke direktori fuse dengan,
root@ubuntu:~ # cd fuse-2.6.1 [enter]
4.lakukan install dengan
root@ubuntu:~ #./configure [enter] //tunggu sampe selesai..kalo sukses,no comment error, lanjut
root@ubuntu:~ # make && make install [enter] //tunggu we..πŸ™‚
setelah selesai, lakukan juga ekstrak dan install file ntfs-3g-1.411-RC.tgz [atau yang sejenis]. sama halnya dengan ekstrak file fuse.
setelah selesai..kemudian lihat dulu partisi NTFS berada di mana dengan menuliskan :
root@ubuntu:~ # fdisk -l

Disk /dev/hda: 10.2 GB, 10205282304 bytes
255 heads, 63 sectors/track, 1240 cylinders
Units = cylinders of 16065 * 512 = 8225280 bytes

Device Boot Start End Blocks Id System
/dev/hda1 1 620 4980118+ 83 Linux
/dev/hda2 * 621 1239 4972117+ c W95 FAT32 (LBA)

Disk /dev/hdb: 40.0 GB, 40020664320 bytes
255 heads, 63 sectors/track, 4865 cylinders
Units = cylinders of 16065 * 512 = 8225280 bytes

Device Boot Start End Blocks Id System
/dev/hdb1 * 1 1033 8297541 7 HPFS/NTFS
/dev/hdb2 1034 4865 30780540 f W95 Ext’d (LBA)
/dev/hdb5 1034 2308 10241406 b W95 FAT32
/dev/hdb6 2309 3590 10297633+ b W95 FAT32
/dev/hdb7 3591 4865 10241406 b W95 FAT32

Disk /dev/sda: 131 MB, 131072000 bytes
16 heads, 32 sectors/track, 500 cylinders
Units = cylinders of 512 * 512 = 262144 bytes

Device Boot Start End Blocks Id System
/dev/sda1 * 1 499 127728 b W95 FAT32
——————————————————————————————
dari info diatas berarti berada di /dev/hdb1 –>ok langsung sajah, lakukan mount dengan:
——————————————————————————————
root@ubuntu:~ # ntfs-3g /dev/hdb1 /HasilMount
——————————————————————————————
yah tinggal dilihat deh…!![ba….ternyata sukses, wekekekkkkkk]
sekarang coba tulis file kemudian simpan di file NTFS tersebut.
wah panjang banget….gpplah, untuk mengingat,aku sengaja di tulis sedetail mungkin soalnya, pelupa alias ‘oon’πŸ™‚
***Moga Bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s